Cara Mencuci Kemeja Batik Yang Ampuh Agar Tidak Luntur

Batik merupakan hasil karya dari tangan manusia secara langsung dengan menggunakan canting sebagai media untuk menggambar dengan menggunakan lilin malam sehingga menghasilkan karya yang indah, seperti dikutip di buku Warisan Budaya Batik oleh Dena Rizqia

4 jenis teknik umum pembuatan batik

Batik tulis

Batik tulis adalah teknik membatik yang muncul paling awal dan bergaya tradisional. Bahkan, banyak yang menyebutkan hasil batik ini adalah yang original atau asli.

Batik tulis dibuat dengan menggunakan lilin panas yang diletakkan ke dalam sebuah alat bernama canting.

Pertama-tama, pembatik akan menggambarkan pola yang mereka inginkan di atas kain. Kemudian, pola tersebut akan ditutupi oleh lilin panas menggunakan canting hingga mengeras. 

Setelah lilin mengeras, pembatik akan mewarnai kain sesuai warna yang mereka pilih. Hal ini bertujuan agar bagian yang tertutupi lilin tidak ikut terkena pewarna kainnya. Kalau warna kain sudah cantik dan mengering, kupas lapisan lilinnya secara perlahan. 

Teknik ini membutuhkan keahlian dan ketelitian yang tinggi dari seorang pembatik karena pembuatannya masih murni menggunakan tangan.

Inilah yang membuat satu batik tulis baru selesai dikerjakan setelah dua sampai tiga bulan. Tidak heran ‘kan kalau harganya mahal. Berikut kami punya beberapa rekomendasi batik tulis yang dapat kamu beli.

Batik cap

Sesuai dengan namanya, batik cap dibuat menggunakan stempel bermotif yang terbuat dari tembaga dan dicap ke atas kain mori. Teknik pembuatan batik satu ini tergolong lebih modern dibandingkan dengan yang menggunakan canting. Tidak seperti batik tulis, proses pembuatan batik cap jauh lebih cepat selesai. Biasanya, hanya membutuhkan waktu maksimal 3 hari.

Dalam proses pembuatannya, stempel tembaga akan dicelupkan ke dalam cairan malam atau lilin batik, lalu ditekan dengan keras ke atas kain batik hingga semua kain tertutupi. Tentunya, proses ini akan lebih cepat, terutama jika kain berukuran lebih kecil.

Batik kombinasi

Teknik pembuatan batik selanjutnya adalah kombinasi, yaitu perpaduan antara batik tulis dan cap. Pertama-tama, pembatik akan menggunakan stempel untuk membuat motif pada kain.

Kemudian, agar gambar lebih detail, pembatik akan menggunakan canting untuk menambahkan motif tertentu yang lebih rumit. Dengan demikian, porsi penggunaan stempel tembaga lebih banyak daripada canting. Hal itulah yang membuat kualitas batik ini dikatakan setara dengan batik cap.

Namun, proses pengerjaannya tidak secepat batik cap ya, brodi. Karena membutuhkan tambahan detail pada beberapa motif menggunakan canting, proses pembuatannya pun jadi sedikit lebih lambat, tergantung tingkat kesulitan motif dan ukuran kain. 

Batik printing

Teknik printing adalah teknik pembuatan batik jenis baru yang cara pembuatannya melalui proses printing menggunakan alat cetak atau sablon. Untuk pewarnaan teknik batik printing ini hanya menggunakan satu sisi kain saja, sehingga prosesnya dapat dilakukan secara cepat dan efisien.

Proses pengerjaan batik printing dimulai dengan pemindahan film atau master motif pada screen sehingga akan ada bagian positif film atau master motif pada screen sehingga akan ada positif dan negatif. Motif batik printing hampir sama sifatnya dengan batik cap, terdiri dari motif yang berulang sesuai pola yang sudah dipindahkan ke atas screen.

Karakteristik batik

Motif batik mempunyai ciri yang unik yang tidak dimiliki oleh jenis kain lainnya, akan tetapi terdapat perbedaan antara ciri-ciri batik modern dan batik tradisional. Adapun ciri-ciri batik, seperti dikutip di buku Modul Batik Monokromatik untuk SD Kelas V oleh Yeni, Fisnani, dkk, adalah sebagai berikut:

A. Ciri Batik Tradisional

1. Coraknya memiliki makna simbolik

2. Corak batik terdapat variasi hias seperti motif ular, geometris, barong, dan lain sebagainya

3. Warnanya cenderung gelap, seperti warna coklat tua, hitam, dan putih

4. Motif batik umumnya membawa ciri khas daerah asalnya

B. Ciri Batik Modern

1. Corak dan polanya tidak mengandung makna khusus

2. Jenis hias utama didominasi tumbuhan atau rangkaian bunga

3. Motif dan polanya tidak mencerminkan khas daerah asal

4. Warnanya cenderung bebas, biasanya warna-warna yang dipilih adalah merah tua, biru, kuning, dan ungu, dan lain sebagainya

Batik juga termasuk warisan budaya Indonesia yang indah dan bernilai tinggi. Namun hal yang sering dijumpai saat memiiki batik ketika dihadapi dengan mencuci batik tersebut seperti resiko luntur, baik itu batik print yang menggunakan pewarna buatan/sintesis maupun batik.

Cara mencuci kemeja batik yang tidak gampang luntur dan tahan lama

Brodi ingin kasih tips cara mencuci kemeja batik yang tidak gampang luntur dan tahan lama:

  • Pisahkan kemeja batik: Sebelum mencuci batikmu pastikan memisahkan antara pakaian batik dengan pakaian lainnya hal ini mencegah untuk transfer pewarna antar pakaian lainnya yang bisa merusak kemeja batikmu brodi.
  • Hindari penggunaan deterjen: Dalam deterjen memiliki kandungan bahan kimia yang keras yang mampu untuk mengusir noda pakaian seperti bleaching, surfaktan. Mengakibatkan kemeja batikmu cepat luntur dan tidak awet brodi.
  • Gunakan sabun khusus: Untuk menjaga motif kemeja batik kamu supaya lebih awet, gunakan sabun khusus buat kain batik atau juga bisa menggunakan lerak. Karena lerak ataupun sabun khusus kain batik ini ini memiliki formula yang lebih lembut dibandingkan deterjen.
  • Tidak memakai mesin cuci: Mencuci kemeja batik dengan mesin cuci memang gampang dan praktis banget. Tetapi mencuci batik dengan mesin cuci justru bikin batikmu cepat sekali tidak awet, serendah apapun level gerakan memutar dalam mesin cuci tetap saja tidak segentle saat kamu mencuci dengan menggunakan tangan.
  • Hindari menjemur langsung di bawah matahari: Menjemur pakaian langsung di bawah terik matahari di siang hari bisa membuat pakaian lebih cepat kering, tapi lain halnya dengan pakaian batik. Warna dan tekstur kain batik akan rusak bila dijemur di bawah sinar matahari langsung. Karena itu, mengeringkan kain batik cukup dengan menjemur di tempat yang teduh atau diangin-anginkan saja

Dengan cara menjaga supaya kemeja batik brodi tidak gampang luntur dan tahan lama bisa ikutin tips2 yang brodi saranin diatas ya.. Yuk gunakan dan lestarikan warisan budaya Indonesia dengan menggunakan batik premium dari Laskala Batik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat datang di
LASKALA BATIK SLIMFIT

Terima kasih sudah menghubungi kami.

Ada yang bisa brodi bantu ? 🙏🏻